Sabtu, 05 September 2020

Lonelines / Kesepian

Asal kesepian antara lain: 

1. Kesepian sering dirasakan oleh orang-orang yang tidak dekat dengan keluarganya terutama sang ibu. Mengapa? 
Karena ketika anak-anak bayi, mereka mendapatkan bonding (rasa aman) dari menyusu kepada sang ibu. Ketika anak tidak mengalami ini, atau ketika menyusu (botol) berada jauh dari sang ibu, anak akan kurang merasakan bonding. Selanjutnya anak juga akan kurang merasakan bonding dengan ibunya ketika ia diasuh bukan oleh ibunya tetapi oleh sosok 'pengganti' (nenek, babysitter, mbak/simbok, om/tante, dsb). 

2. Kesepian juga dirasakan oleh orang-orang yang merasa diri kurang mampu dalam hal ini adalah kurang mampu memecahkan masalah (problem solving).
Mengapa? 
Karena kegagalan demi kegagalan sering membuat orang menghakimi diri sendiri bahwa ia tidak mampu. Apalagi jika semasa kecil sering mendapat kecaman, amarah dari orang tua karena suatu kesalahan, tapi tidak pernah diajarkan bagaimana cara memperbaiki kesalahannya. Anak yang menjatuhkan vas bunga mahal karena bermain sapu, dimarahin habis-habisan tanpa diberitau bagaimana cara bermain yang aman jangan menggunakan sapu pakai saja benda yang lebih pendek dan lunak dan bermain di halaman jangan di dalam rumah misalnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar